Tuesday 21 October 2014

POLA MAKAN SEHAT

Pasti banyak pertanyaan di kalangan masyarakat mengenai makanan yang baik dan benar guna mendapatkan tubuh yang sehat, optimal, serta bugar. Namun dibalik ini semua banyak sekali cara-cara makan yang ditawarkan, akan tetapi apakah cara-cara makan tersebut cocok untuk anda?


Saya telah membaca beberapa pola makan, bahkan menjalankan berbagai cara program diet, akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama karena tidak sesuai dengan kebiasaan dari pribadi kita. Maka dari kesekian banyak pola diet/makan, ada satu pola makan yang baik untuk dijalankan agar membuat tubuh kita tetap sehat dan bugar agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Akan tetapi pola ini lebih tepat dikatakan sebagai prinsip dalam merancang makanan yang akan kita konsumsi dalam keseharian.


PIRAMIDA MAKANAN

Piramida makanan merupakan suatu pola yang telah diakui oleh Universitas Harvard Amerika, yang mengeluarkan suatu piramida makanan sebagai acuan/prinsip dalam mengatur menu makanan harian dari setiap pribadi guna mendapatkan hasil yang optimal




Pilih Makanan jenis ini hanya dalam Jumlah yang minimal

Minyak, Makanan Ringan, Makanan, dan Minuman Tinggi Lemak / Tinggi Gula

Konsumsi seminimal mungkin – Pilih lah lemak yang baik yakni lemak yang tidak tersaturasi (Monounsaturated dan Polyunsaturated) contohnya minyak canola, zaitun, olive, jagung, dan lain-lain.

HINDARI LEMAK TERSATURASI, contohnya Minyak Goreng Ulang, Mentega, Lemak Hewani, dan lain lain.

Batasi Konsumsi makanan yang digoreng 1 – 2 kali perminggu karena makanan yang digoreng mampu menyimpan minyak didalamnya dalam kadar yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi menjadi sesuatu yang kurang menyehatkan.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan, makanan, dan minuman yang mengandung kadar lemak tinggi atau kadar gula yang tinggi contohnya biskuit, cokelat, minuman yang mengandung gula tinggi (minuman bersoda, minuman teh yang manis, dan lain lain).


Pilih 2 diantaranya

Daging, Ikan, Telur dan lainnya

Daging yang dimaksud dalam pilihan makanan ini adalah bagian daging yang tidak terlalu banyak mengandung lemak, seperti ayam pada bagian dada, sapi pada bagian has dalam sehingga dapat mengurangi konsumsi lemak dan mendapatkan kadar protein yang mampu mencukupi kebutuhan harian.

Sedangkan pada ikan alangkah baiknya apabila mengkonsumsi bagian lemak ikan karena  mengandung banyak lemak omega 3-6-9, yang baik sekali efeknya untuk menangkal radikal bebas, untuk telur hindari mengkonsumsi bagian kuning yang terlalu banyak karena bagian kuning telur mengandung banyak kandungan lemak, sedangkan bagian putihnya mengandung kadar protein yang tinggi.


Pilih 3 diantaranya

Produk Susu : Susu, Keju, dan Youghurt

Bagian ke-3 ini merupakan produk-produk susu dimana produk ini mengandung banyak sekali nutrisi yang mampu meningkatkan performa serta memenuhi kebutuhan harian individu.

Perlu diingat bahwa produk susu yang dimaksud disini dikhususkan untuk memilih produk yang mengandung lemak rendah (Low Fat) karena memang disamping produk ini mengandung banyak sekali kadar lemak, yang mana seiring dengan perkembangan zaman maka banyak tersedia produk susu lemak rendah.

Apabila mengkonsumsi produk susu khususnya Youghurt, youghurt ini mampu membantu kesehatan pencernaan karena didalam Youghurt terkandung kuman probiotik yang mampu memperlancar sistem pembuangan tubuh.


Pilih 5 diantaranya

Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Pilihlah sayuran yang berdaun hijau karena didalamnya tergandung banyak sekali vitamin dan mineral yang mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh kita, akan tetapi cara pengolahannya janganlah direbus karena apabila sayur tersebut direbus membuat kadar vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya menjadi larut dalam air rebusan tersebut sehingga cara pengolahan yang terbaik adalah dikukus.

Untuk buah-buahan alangkah baiknya apabila mengkonsumsi buah bervitamin C tinggi karena bersifat antioksidan tinggi, selain itu konsumsi buah secara langsung tanpa diolah akan lebih baik karena apabila mengkonsumsi buah tersebut setelah diolah akan mengurangi nilai vitamin yang terkandung dalam buah tersebut.

Untuk Jus Buah diperbolehkan untuk diminum hanya satu kali dalam satu hari, dengan penambahan gula yang minimal.


Pilih 6 diantaranya

Makanan dasar : Roti, Nasi, Kacang-kacangan, Kentang, Sereal dan lain-lainnya

Makanan yang terakhir ini merupakan makanan dasar karena merupakan landasan dari sumber energi penyokong dalam tubuh kita, serta makanan ini paling mampu membuat perut sahabat hidupsehataladrt kenyang.

Dimana makanan ini boleh dikombinasi 6 diantaranya.  Dimana kombinasi roti dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, serta kacang-kacangan perlu juga ditambahkan sebagai menu makanan. Hal ini  menjadi penting karena berdasarkan penelitian yang dilakukan, konsumsi kacang tanah yang direbus mampu menurunkan angka kejadian Penyakit Jantung Koroner. Selain itu kombinasi dengan mengkonsumsi sereal (Oatmeals) pada pagi hari juga dapat diterapkan karena mampu menurunkan kadar kolesterol dan dapat membuat porsi makan anda berkurang pada saat anda makan siang maupun malam, Luar Biasa Bukan?


Paling Dasar dan yang perlu untuk dilakukan setiap hari secara teratur

Air Putih

Minum Air putih penting sekali karena lebih dari separuh tubuh manusia tersusun oleh air dan apabila seorang individu kekurangan kadar air, maka dapat berdampak fatal untuk jangka waktu yang panjang, selain itu konsumsi air yang cukup juga mampu menurunkan angka dehidrasi pada kulit yang terjadi.

Oleh karena hal ini kadar air yang direkomendasikan per hari adalah minum air minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda.

Semoga Bermanfaat


Salam drt


No comments:

Post a Comment