Tuesday 7 October 2014

Apa Penyebab kecegukan? Bagaimana Cara menghilangkannya?


Inilah salah satu keanehan dari pengalaman manusia yang tidak dapat dijelaskan secara mendalam. Iritasi yang terjadi pada perut dapat merangsang saraf sekat rongga badan (Nervus Phrenicus) sehingga timbul suatu impuls-impuls berirama yang mengakibatkan otot diafragma (otot penyekat antara rongga badan dan rongga dada) serta otot pada sela iga juga mengalami kejang-kejang yang berirama pula.



Bagaimana mekanisme kecegukan?

  1. Ketika kita bernafas normal, pada saat menghirup udara diafragma pada dasar dada bergerak turun, sehingga paru-paru mengembang dan udara dapat masuk
  2. Kemudian diafragma mengalami kejang sehingga udara terhisap masuk; tetapi glottis (celah suara) menutup, sehigga aliran udara terputus dan menimbulkan suara cegukan yang khas
  3. Akhirnya glottis membuka, diafragma mengendur dan udara dihembuskan keluar.


Apa Penyebab Kecegukan?

Iritasi tidak selalu terjadi pada perut, tetapi dapat juga terjadi pada pusat kecegukan didalam otak yang mengontrol gerakan refleks ini. Atau dapat pula berkaitan dengan gangguan pada leher dan dada yang mungkin disebabkan oleh pembesaran kelenjar yang membengkak karena adanya suatu tumor atau karena adanya trombosis koroner. Kecegukan juga dapat terjadi apabila terdapat peradangan pada selaput perut, misalkan setelah operasi dilakukan pada bagian perut. Guncangan jiwa atau ketegangan yang berlebihan juga dapat mengakibatkan hal tersebut.


Maka bagaimana solusinya?

Untuk menghilangkan keluhannya harus diketahui penyebab dari kecegukan terlebih dahulu. Apabila tidak ada hubungannya dengan gangguan fisik, maka dapat dipikirkan mengenai penyebab lainnya seperti makan yang terlalu banyak, makan terlalu pedas, minum alkohol, atau menelan makanan yang terlalu panas maupun dingin semua hal diatas dapat mengakibatkan kecegukan.


Beberapa hal yang dapat anda coba



Menghirup karbon dioksida (CO2) dapat menekan pusat “cegukan diotak". Hal ini dapat anda lakukan dengan cara bernafas dalam kantung kertas, hembuskan nafas didalam kantong lalu hirup kembali udara yang telah dihembuskan. 







Cobalah untuk mengatur nafas anda dengan baik, kemudian tarik nafas sedalam-dalamnya, lalu tahan nafas sekuat anda dan pada akhirnya dihembuskan kembali.










Cobalah untuk mengambil segelas air dingin, lalu teguklah secara perlahan-lahan hingga air didalam gelas habis.







notes:
Hal diatas ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan cegukan, apabila cegukan masih belum dapat dihentikan maka anda perlu mengunjugi dokter untuk mendapatkan terapi lebih lanjut.


Terima kasih pembaca hidupsehataladrt, semoga bermanfaat

Salam DRT


No comments:

Post a Comment