Sunday 5 October 2014

Nyeri di Dada? Apakah semua Merupakan akibat dari Gangguan pada Jantung?



Hai pembaca hidupsehataladrt, mungkin ada diantara kita yang pernah mengalami nyeri pada bagian dada, entah terpusat pada satu titik maupun nyeri yang tidak dapat diidentifikasi lokasinya, adapun nyeri yang menjalar, tertekan benda berat hingga perasaan terbakar, yang mana semuanya terjadi didaerah dada ataupun sekitarnya.



Untuk itu perlu kita pelajari terlebih dahulu mengenai anatomi tubuh manusia terlebih dahulu, terutama yang terpusat dibagian dada dan sekitarnya, berikut gambar anatomi dari sistem rangka, pernafasa, pencernaan, hingga jantung pembuluh.


Begitu banyak organ yang berada didalam maupun sekitar dada kita serta terdapat pula otot dan tulang yang menjadi pelindung dari organ yang terletak didalam dada, Organ yang terdapat didalam rongga dada diantaranya PARU-PARU, JANTUNG sedangkan yang berada disekitar dada LAMBUNG, HATI, PANKREAS, USUS, dan lain-lain, maka berkaitan dengan hal ini kita perlu untuk mengetahui serta selalu mengingat bahwa nyeri dibagian dada bukan selalu merupakan nyeri yang diakibatkan gangguan pada JANTUNG.




Maka untuk itu akan kita bahas bersama beberapa sistem yang bisa mengakibatkan nyeri pada bagian dada, beserta dengan karakteristik nyeri dari masing-masing sistem.


OTOT, TULANG, dan SENDI



   Nyeri pada otot kerap kali terjadi akibat cidera maupun didahului oleh penggunaan otot yang berlebih, tetapi nyeri yang diakibatkan apabila penyebab merupakan otot, sangatlah khas yaitu :
  1. Mengalami perubahan intensitas nyeri pada saat perubahan gerakan maupun gerakan menarik nafas dalam
  2. Bertambah nyeri apabila dilakukan penekanan dari luar pada lokasi nyeri
  3. Nyeri yang terjadi dapat dilokalisir sesuai dengan bagian yang otot, sendi, maupun tulang yang mengalami gangguan





LAMBUNG

 

Nyeri yang terjadi pada organ yang kerap kali disapa dengan MAAG, sering kali menimbulkan suatu nyeri yang terutama terpusat pada ulu hati tetapi nyeri lambung/MAAG dapat pula menjalar hingga ke bagian dada. Apabila mengalami gangguan pada MAAG, akan menimbulkan nyeri yang khas yaitu
  1. Terasa panas, perih pada bagian dada maupun uluhati tetapi nyeri tersebut tidak bisa dilokalisir secara pasti (sesuai radius nyeri gambar disamping)
  2. Terasa nyeri yang bisa diikuti dengan perasaan kembung, mual, dan gejala pencernaan lainnya yang dapat mendominasi
  3. Yang terpenting adalah intensitas tidak bertambah dengan aktivitas fisik



PARU-PARU

Karena Paru-paru merupakan suatu organ pernafasan, sehingga nyeri yang timbul apabila disebabkan oleh paru-paru pada umumnya dikaitkan dengan gejala pernafasan, seperti batuk, batuk darah, sesak nafas, dll. Semua gejala tersebut bergantung dengan gangguan yang terjadi pada paru-paru biasanya akibat infeksi, keganasan, dll. Tanda tanda gangguan pernafasan biasanya lebih dominan dirasakan. Namun beberapa tanda khas nyeri dari gangguan paru-paru yaitu :
  1. Mengalami perubahan intensitas nyeri pada saat melakukan gerakan menarik nafas dalam, biasanya nyeri juga bertambah apabila batuk
  2. Nyeri yang terjadi biasanya tidak dapat dilokalisasi dengan jelas.


 

JANTUNG


 



Bagian ini yang merupakan suatu hal yang paling sering dikhawatirkan sehingga perlu diwaspadai apabila nyeri yang terjadi diakibatkan oleh penyakit jantung koroner maka nyeri tersebut mempunyai ciri khas yakni terasa tertekan benda berat, sesak, serta disertai dengan nyeri yang menjalar. 




Nyeri yang khas pada penyakit jantung koroner yaitu

  1. Nyeri yang terjadi biasanya menjalar ke hingga ke tangan kiri, tetapi tidak menutup kemungkinan menjalar ke dagu, ulu hati, sesuai dengan radius nyeri yang ada pada gambar diatas. Hal ini menjadi penting karena dapat mengakibatkan adanya kerancuan yang dapat terjadi
  2. Nyeri yang terjadi biasanya disertai dengan keringat yang dapat membasahi sekujur tubuh
  3. Nyeri yang terjadi biasanya didahului dengan aktivitas fisik dan terpengaruh dengan aktivitas fisik, yang biasanya akan membaik dengan istirahat





KESIMPULAN


Demikian beberapa karakteristik nyeri yang dapat dipaparkan dari masing masing sistem, walau mempunyai gejala pada tempat yang bersamaan tetapi mempunyai perbedaan karakter, meskipun masih banyak penyebab lainnya. Sehingga hal ini akan menjawab bahwa tidak semua nyeri dibagian dada merupakan gangguan jantung, maka apabila anda atau kerabat anda mengalami nyeri dada, identifikasi terlebih dahulu sesuai karakteristik nyeri yang dirasakan, tetapi apabila ingin memastikan kondisi sistem organ anda, perlu bagi anda untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke tempat pusat kesehatan, agar dapat dievaluasi lebih tepat dan komprehensif




Semoga info ini bermanfaat


Salam DRT



No comments:

Post a Comment