Monday 6 October 2014

Mengapa dokter sering mengatakan “Oh Itu hanya dari Pikiran anda saja”, bila timbul gejala-gejala fisik?


Salam pembaca hidupsehataladrt,
Kerap kali judul diatas terdengar baik dari cerita orang lain atau bahkan dari pengalaman pribadi anda, mengapa ketika anda mengeluhkan atau merasa tidak nyaman pada tubuh anda, dan anda mengeluhkan kepada dokter tetapi mereka menjawab itu berasal dari pikiran anda dengan sangat yakin?



Memang salah satu hal yang paling sulit dijelaskan adalah bahwa tubuh dan pikiran merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, seperti pepatah mengatakan didalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat’. Kata-kata ini memang benar untuk dapat diterapkan bahwa apa yang terjadi didalam pikiran anda akan mempengaruhi tubuh anda, demikian pula sebaiknya.




Gejala-gejala fisik seperti rasa nyeri, demam, mual, dan muntah-muntah dapat menimbulkan gejala mental seperti depresi dan kecemasan. Sedangkan pengalaman kejiwaan seperti perasaan tidak senang, kesusahan dan ketakutan dapat menimbulkan reaksi fisik seperti diare, terasa pegal pada tengkuk, mual, muntah, sesak nafas, serta perubahan denyut jantung (keluhan seperti ini dapat diartikan sebagai efek dari penyakit lain).




Jadi apabila seorang individu mengalami keluhan serupa dengan pernyataan diatas, maka perlu untuk mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memeriksa apakah terdapat kelainan fisik pada dirinya. Apabila setelah melakukan pemeriksaan fisik dan dokter tidak mendapatkan adanya kelainan pada fisiknya, maka dapat disimpulkan bahwa gejala-gejala tersebut muncul akibat tekanan kejiwaan.

 





Sangat disayangkan apabila masalah tekanan jiwa ini tidaklah dianggap penting. Bagi individu ini apabila seorang dokter melakukan pemeriksaan fisik dan tidak ditemukan gejala maka alangkah baiknya apabila individu ini pergi ke dokter psikiater untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai gejala-gejala fisik yang dialami, karena gejala-gejala fisik yang dirasakan diakibatkan oleh tekanan dalam kejiwaan.



KESIMPULAN

Maka apabila anda atau teman anda mempunyai keluhan gejala fisik seperti pegal daerah tengkuk, diare, mual, muntah, perasaan berdebar, sesak nafas. Perlu baginya untuk melakukan pemeriksaan fisik untuk menyingkirkan gangguan fisik yang memang dapat memberikan keluhan serupa, akan tetapi apabila telah dinyatakan oleh dokter maupun dari pemeriksaan penunjang tidak ada masalah maka perlu bagi anda untuk mengubah pola pikir menjadi positif guna membuat tubuh anda menjadi lebih baik dan tetap prima. Apabila anda tetap tidak dapat mengatasi maka perlu untuk melakukan konsultasi pada dokter psikiater, agar dapat menyelesaikan masalah yang timbul.



Semoga Bermanfaat


Salam DRT

No comments:

Post a Comment